Bisnis
Bisnis adalah suatu organisasi yang
menjual barang atau jasa kepada konsumen atau uang yang saling menguntungkan
dan memberi manfaat pada bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara
historis kata bisnis dari bahasa Inggris yang artinya business, dari kata
dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas,
ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan
yang mendatangkan keuntungan.
Karakteristik Sistem Bisnis
Kompleksitas keberagaman ketidakpastian dan
dinamika perubahan yang selalu terjadi menjadikan dunia bisnis penuh dengan
tantangan. Tantangan-tantangan tersebut tentunya menjadikan sistem bisnis itu
menjadi dinamis. Beberapa karakteristik bisnis sebgai berikut.
Ø KOMPLEKSITAS DAN KEANEKARAGAMAN
Yaitu bisnis yang muncul dengan
berbagai sektor dengan beberapa kelompok industri. Masing-masing industri yang
terkumpul didalamnya terdapat perusahaan-perusahaan yang bervariasi dalam
bentuk kepemilikan, volume bisnis, struktur modal, dan lingkup aktivitasnya, serta
gaya manajemen yang diterapkan. Contohnya, pembuat perkakas elektrik, dan
produk-produk elektronik .
Kompleksitas yang dihadapi oleh
perusahaan-perusahaan yang sudah go public atau go internasional memiliki
perbedaan dengan tantangan yang dihadapi oleh produk lokal. Selain menghadapi
perbedaan dalam perilaku konsumen, perusahaan global juga menghadapi kendala
ekonomis, misalnya penetapan tarif dan kuota untuk ekspor dan impor oleh Negara
tujuan.
Ø SALING KETERGANTUNGAN
Yaitu masing-masing perusahaan
dalam operasinya selalu membutuhkan dan dibutuhkan oleh perusahaan lain. hasil
yang diproduksi oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi perusahaan lain,
demikian juga sebaliknya. Maka dari itu perusahaan tidak akan bisa eksis atau
terkenal tanpa bekerja sama dengan perusahaan lain. Ketergantungan juga dapat
dilihat dari penyebaran wilayah produk. Perusahaan yang berada dalam suatu
Negara, dan ingin meningkatkan permintaan produknya tentu
akan mempertimbangkan untuk menjualnya keluar negeri jika pasar dalam negeri
melebihi kapasitas atau permintaan yang terbatas. Dalam hal ini perusahaan
harus bekerja sama dengan asosiasi/ lembaga-lembaga perdagangan untuk membantu
memasarkan produknya.
Ø
PERUBAHAN DAN INOVASI
Perubahan dan inovasi sangat
diperlukan dalam bisnis terutama dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis
yang cepat. Namun dalam pengertiannya adalah perusahaan yang tidak mampu
menawarkan produknya sesuai dengan selera konsumen, maka produknya pasti akan
secara tidak langsung ditinggalkan oleh pelangganya. Perubahan dan inovasi
dalam bisnis bertujuan untuk memberikan kepuasan bagi konsumen, Karena adanya
perubahan lingkungan, seperti pendapatan yang tetap , trend atau model yang
berubah, serta gaya hidup dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.
Peran Bisnis Dalam Kehidupan Masyarakat
Peran
bisnis dalam kehidupan saya sangat besar dikarenakan seluruh aspek dalam
kehidupan itu memang memerlukan sebuah pengelolaan yang sangat maksimal untuk
mendapatkan keuntungan yang maksimal juga. Dalam berbisnis kita
memerlukan berbagai modal seperti uang,tenaga,mesin,dll. Bukan suatu hal yang
naif bila setiap orang memang bekerja keras untuk mendapatkan keuntungan berupa
uang atau penghargaan lainnya. Bila dalam kehidupan saya, saya membiasakan
untuk melakukan bisnis tidak hanya untuk mencari uang bisa juga untuk
mendapatkan hal-hal lain yang bisa menguntungkan saya. Misalnya seperti saat
SMA saya sering membantu pekerjaan guru saya seperti memeriksa hasil ulangan
dan keuntungan non financial yang saya bisa dapatkan mungkin saya bisa mendapat
nilai perilaku yang baik pada buku nilai saya nantinya.
Bila dari segi ekonomis kegiatan bisnis yang pernah saya
lakukan sama seperti anak-anak pada umumnya seperti sehabis membantu orang tua
belanja/membawakan barang ke tempat saudara saya biasanya meminta imbalan berupa
uang jalan. Dalam berbisnis banyak hal juga yang harus kita korbankan misalnya
waktu kita yang berharga, lalu tenaga yang terpakai. Dalam berbisnis kita di
sarankan untuk sepintar pintarnya mendapatkan kerabat karena dari kerabat
itulah akan tercipta sebuah hubungan atau link yang akan meluas setiap harinya. Dari 1 orang teman kekuatan bisnis akan semakin menguat dan
menyebar semakin lama semakin luas. Dari berbisnis pula kita akan mengetahui
bagaimana cara menghadapi orang banyak, kita dapat tahu bagaimana selera
masyarakat jaman sekarang serta kita pun dapat mengetahui karakteristik orang
orang yang ada di dunia bisnis jaman sekarang.
Dalam dunia bisnis bila pandai
bergaul dan pandai melobi orang banyak tanpa kita sadari link kita sudah sangat
luas dan bisnis kita bisa go internasional. Dalam berbisnis kita harus memiliki
ciri khas yang menunjukan bahwa ini adalah bisnis kita. Bisa dari cara kita
menanggapi setiap customer, property yang digunakan (baju,tata rias yang
digunakan) dan bisa juga dari barang-barang yang kita perjual belikan.
Kebanyakan orang jaman sekarang melakukan bisnis dengan berkelompok mendirikan
suatu organisasi bersama-sama.
Klasifikasi Bisnis
Untuk mengidentifikasikan peluang bisnis
ada dua fase yaitu:
1. Untuk menemukan gagasan
Ada 4 “tempat” untuk memperoleh gagasan peluang bisnis baru:
a. Diri sendiri
a. Diri sendiri
kepekaan untuk bertanya dengan diri sendiri, apa yang diperlukan dan dibeli
oleh orang lain
b. Pelanggan dan pesaing
b. Pelanggan dan pesaing
sulit, karena tidak selalu jujur mengatakan segala hal yang ingin diketahui
c. Pasar
c. Pasar
keberhasilan suatu produk disatu pasar kerap kali dapat melahirkan gagasan
tentang sukses dan potensial di suatu pasar lain.
d. Produk yang gagal
d. Produk yang gagal
suatu evaluasi yang mendalam atas produk yang baru
2. Gagasan yang berhubungan dengan peluang bisnis
1. Analisis persoalan
2. Analisis situasi
3. Merumuskan wilayah yang tidak diketahui
4. Mengsurvei pelanggan sasaran
Sumber:
http://mohamadfaizwicaksono.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-bisnis-pengertian-bisnis.html http://jendeladelia.blogspot.co.id/2015/02/karakteristik-sistem-bisnis https://alazhar12.wordpress.com/2012/10/12/pengertian-bisnis-dan-peran-bisnis-dalam-kehidupan-saya/
Buku Pengantar Bisnis BAB 1 PERUSAHAAN DALAM SISTEM PEREKENOMIAN
Buku Pengantar Bisnis BAB 1 PERUSAHAAN DALAM SISTEM PEREKENOMIAN
0 komentar:
Posting Komentar